10 Tahun Perjalanan Facebook

perjalanan facebook

Tanggal 4 Februari 2014 lalu, Facebook tepat memasuki usianya yang ke-10. Bagaimana perjalanan Facebook selama 10 tahun terakhir ini? Berikut penjelasannya:

1. Facebok muncul pertamakali pada tanggal 4 Februari 2004.
 Situs jejaring sosial yang awalnya tak diprediksi akan menjadi sebesar seperti sekarang ini hanya dikendalikan dari sebuah kamar sempit milik Mark Zuckerberg di Harvard University. Saat itu, jejaring sosial ini belum dinamakan 'Facebook' seperti sekarang. Melainkan menggunakan nama 'The Facebook'. 10 tahun kemudian, situs jejaring sosial ini telah memiliki 1,23 miliar pengguna di seluruh dunia.
2. Tahun 2004 - 2005,
profil Facebook menjadi inti dari pengalaman menggunakan situs jejaring sosial, sementara news feed seperti yang ada sekarang ini, dulunya belum ada. Namun, di tahun 2004 ada iklan pertama yang ditayangkan di halaman Facebook. Iklan itu lebih mirip flyer yang ditawarkan untuk perusahaan-perusahaan kecil dengan harga iklan hanya sekitar USD $ 10 hingga USD $ 40. 3. Tahun 2005, Mark mulai mendesain ulang tampilan profil pengguna.
4. Tanggal 5 September 2006,
Facebook mulai meluncurkan News Feed dan Mini-Feed untuk para penggunanya. Langkah ini merupakan lompatan besar dan dinilai berani atau kontroversial bagi pengembangan situs yang berbasis jaringan sosial. Adapun Mini-Feed ini berguna untuk menampilkan pembaharuan-pembaharuan terkini yang dibuat oleh para penggunanya di satu jaringan yang sama. Di bulan April di tahun yang sama, Facebook meluncurkan aplikasi mobile pertamanya.
5. Masih di bulan yang sama,
Facebook kemudian menerima pengguna minimal berusia 13 tahun dengan alamat email yang valid.
 6. Di tahun 2007
 Facebook sekali lagi merombak tampilannya. Saat itu pembaharuan dilakukan pada bagian navigasi, semisal fitur utama di bagian atas, kemudian aplikasi di sebelah kiri, dan untuk kolom pengaturan ada di pojok kanan. Mereka juga mengubah desain baru untuk tampilan pesan masuk.
 7. Tahun 2007 ini,
 Facebook benar-benar mempermak News Feed sehingga bisa menjadi fitur utama di Facebook. Di bulan Juli Facebook telah memiliki 30 juta pengguna aktif.
 8. Tahun 2008,
Facebook benar-benar berjaya dengan berhasil mencapai 100 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Facebook juga meluncurkan fitur chatting, pesan dinding dan meluncurkan aplikasi Facebook for iPhone.
 9. Juli 2008,
Facebook mengundang para penggunanya untuk mencoba menggunakan 'new facebook'. 10. Di tahun 2008 ini pula, Facebook memperbolehkan penggunanya untuk merancang sendiri feeds mereka.
11. Tanggal 16 Maret 2009
Facebook membuat keputusan kontroversial dengan memperbolehkan siapapun menulis atau mengirimkan pesan dinding kepada pengguna lainnya meskipun ia berada di luar jejaring pertemanan. Facebook juga menambahkan pengaturan berbagi untuk semua orang (everyone). Namun di tahun ini, facebook berkembang dengan sangat menggemberikan dengan berhasil memiliki 900 juta pengguna.
12. Mei 2009,
facebook mencoba desain baru yang terlihat mirip seperti Twitter. Yakni mengubah news feed yang kini bisa berjalan secara otomatis.
13. 2010,
Facebook kembali mendesain ulang tampilan. Desain ini meliputi pula pengaturan ulang tombol-tombol navigasi.
14. Masih di tahun 2010,
Facebook menawarkan dua pilihan kepada pengguna untuk pengaturan news feed, yakni pilihan Top News dan Most recent.
15. Tahun 2011 
menjadi debut perdana digunakannya Facebook Timeline.
16. September 2011, 
Facebook juga memperkenalkan news ticker sebagai pembaharuan dari Timeline dan News Feed. Ticker ini berada di kolom sebelah kanan yang memuat pembaharuan aktivitas dari teman-teman anda.
17. Di tahun 2012,
Facebook membuat sejumlah pengembangan semisal dalam hal desain dan layout. 18. Tahun 2013, Facebook kembali mendesain ulang tampilan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari fitur Ticker mereka.
19. Maret 2013,
Facebook mengubah tampilan timeline menjadi format dua kolom dan menambahkan kolom aplikasi yang bisa digunakan untuk mencoba fitur musik, buku maupun hiburan lainnya.
20. Maret 2013,
Facebook memiliki jumlah pengguna yang makin banyak. Di bulan ini, Facebook juga mendesain news feed dengan tampilan yang lebih kontras.
21. Facebook semakin memperbaiki layanan facebook mobile mereka semisal untuk iPhone maupun Android. Mereka menutup tahun 2013 dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 945 juta pengakses Facebook dari perangkat mobile.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author