perkembangan bisnis online shop

perkembangan bisnis online shop

Setiap tahun pertumbuhan bisnis online di luar maupun di dalam negeri semakin besar,. Dari hari ke hari makin banyak saja orang yang masuk ke dunia bisnis internet, dari yang tua hingga yang muda.Ini dikarenakan karena berbisnis di online sangat mudah, informasi yang luas, suplier yang bisa dicari dimana-mana, dan modal yang terjangkau. Akhirnya, para pebisnis online bisa menjual apa saja yang mereka punya, atau mereka menjual produk punya orang yang ada (Dropship, Affiliate).
So.....
Inilah awal mula mimpi buruk anda... Semakin banyak orang, maka semakin banyak saingan di setiap niche produk.. Saya mau berbagi cerita sedikit, jadi dulu sekitar tahun 2012-2013, saya ngedropship jualan tas, burung, dan laptop. Awalnya memang bisnis saya ini baik-baik saja, tapi lama kelamaan seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pebisnis yang terjun ke niche produk saya, saya pun mulai kuwalahan mengatasi saingan-saingan saya.
Mereka menggunakan berbagai teknik marketing seperti SEO, FB Ads, dll. Waktu itu, ilmu marketing saya masih minim, jadi jelas pada waktu itu saya kalah saing, kalah SERP, kalah sales, dan kalah-kalah lainnya. Akhirnya,,
Untuk mengatasi masalah tersebut, saya menurunkan harga dan kasih diskon atau bonus..
A. MENURUNKAN HARGA DAN KASIH DISKON/BONUS
Mau tidak mau saya menurunkan harga agar tidak kalah saing dengan penjual produk lainnya yang berani kasih harga murah. Dengan cara ini, bisnis saya "AGAK SEDIKIT" mendingan daripada sebelumnya, mulai ada peningkatan sales. Tapi jika seperti ini terus, saya tidak akan pernah puas, maka dari itu saya cari produk lain..
B. CARI PRODUK LAIN
"Mudah-mudahan Tidak Ada Saingan Baru!" Saya mulai mencari suplier-suplier produk yang unik yang menurut saya pesaingnya masih minim. Saya pilih "JASA SERVICE KOMPUTER" dan "JUALAN PERANGKAT KOMPUTER/PC/LAPTOP" karena saya anggap itu unik dan masih minim saingan. Anggapan awal saya adalah produk yang masih minim saingan itu akan menghasilkan profit yang tinggi.
Tapi anggapan saya salah!! "Sialan lagi!!!", banyak yang terjun ke niche saya ini, akhirnya saya kalah lagi, lagi, dan lagi.. Saya akhirnya tetap menurunkan harga dan kasih bonus.. Perang harga..!! Perang Bonus..!!
Selanjutnya, saya lakukan 2 hal ini berkali-kali tanpa menemui titik temu.. ==============================================
Jadi, Inti dari post ini adalah di semua jenis produk, akan tetap saja "SELALU ADA PESAING" karena bisnis online semakin banyak orang yang terjun kesini. Yang seharusnya anda lakukan adalah jangan tiru cara B Saya diatas, selain itu yang paling penting anda haruslah paham bagaimana menyikapi pesaing-pesaing anda. Anda harus mengambil langkah yang paling tepat dalam menyikapi segala sesuatu yang terjadi pada bisnis anda...

0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author