Sabtu, 21 Mei 2011

Keuntungan Dan Resiko Memiliki SAHAM

 Ada 2 keuntungan kita memiliki saham:
1. DIVIDEN, merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan yang berasal dari keuntungan/laba yang dihasilkan oleh perusahaan. Akan tetapi dividen terkadang tidak dibagikan atau dibagikan sangat kecil, tergantung dari kebijakan perusahaan tersebut. Biasanya hal ini terjadi pada perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang.
2. CAPITAL GAIN, Bertambahnya modal. Merupakan selisih antara harga beli dan harga jual. Capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder. Misalnya Investor membeli saham ABC dengan harga per saham Rp 5.000 kemudian menjualnya dengan harga Rp 5.500 per saham yang berarti pemodal tersebut mendapatkan capital gain sebesar Rp 500 untuk setiap saham yang dijualnya.

Resiko dalam memiliki SAHAM :
1. CAPITAL LOSS, ada untung pasti ada rugi .. artinya investor menjual saham lebih rendah dari harga beli/modal awal.
2. RASIO LIKUIDASI, ini terjadi apabila saham perusahaan yang kita miliki dinyatakan

Bangkrut. Memegang saham perusahaan tersebut memang berarti kita menjadi pemilik dari perusahaan tersebut. Mungkin anda berpikir sebagai pemilik anda mungkin bisa kebagian aset yang dijual bila dinyatakan bangkrut. Iya kebagian, tapi kalo ada sisa. Pemegang saham biasa menjadi prioritas terakhir dalam pembagian asset. Sekedar info, aset dibagikan berdasarkan urutani berikut: pajak, utang dan gaji karyawan, utang kreditur dan obligasi, pemegang saham preferen (saham luar biasa), pemegang saham biasa. Artinya, anda harus siap bila cuman mendapat ampas dari perusahaan tersebut. Tapi itu hanya berlaku bila anda tidak mengikuti perkembangan saham yang anda miliki. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam perdangan saham bukanlah modal uang yang besar, tetapi kemampuan anda dalam mengatur uang tersebut. Anda dituntut untuk cerdas, cerdas dalam menempatkan uang anda. Itulah gunanya Fundamental Analisis dan Tekhnikal Analisis ada. Gunakan dulu kedua analisis ini dalam mencari mana saham yang tepat untuk anda.

Semoga bermanfaat....

Artikel terkait :

0 komentar:

Poskan Komentar