This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Minggu, 25 Mei 2014

Daftar Blog Do Follow Mempunyai PR Tinggi diindonesia

List/Daftar Blog dofollow Indonesia

Halo sob Pada kali ini saya akan membahas tentang Daftar Blog Dofollow Pagerank Tinggi di indonesia. List/Daftar Blog dofollow Indonesia  ini dikumpulkan berdasarkan Page Rank (PR) yang lumayan tinggi dan akan terus dicek dan diupdate setiap bulan. Masing-masing memiliki kategori yg berbeda jadi silahkan cek sendiri untuk mengetahui jenis blog-nya. Berikut adalah daftar blog dofollow pagerank tinggi dari pagerank 2 – 5 :
Page Rank 5
—————–
subagya.blogspot.com
Page Rank 4
—————-

- maxmanroe.com
- mas-sugeng.com
Page Rank 3
—————-

aulia87.wordpress.com
bloggerbekasi.com
harry.sufehmi.com
dhuwuh.blogspot.com
penghuni60.blogspot.com
cah-cikrik.blogspot.com
Page Rank 2
—————–

nagapasha.blogspot.com
redeagle21.blogspot.com
cah-cikrik.blogspot.com
sibaho.blogspot.com
pabriktea.blogspot.com
dhuwuh.blogspot.com
endarfitrianto.blogspot.com
meriwardana.blogspot.com
damarasofia.blogspot.com
tips-tipskomputer.blogspot.com
Page Rank 1
——————

baiquni.net
ot-indo.blogspot.com
aliakbarpakarseo.com
 mu-ri.blogspot.com
ruang-ihsan.blogspot.com
azgi.blogspot.com
highpagerankdofollow.blogspot.com
beha-titi.blogspot.com
sebagianduniaku.blogspot.com
Oky sob segoma bermanfaat dan bisa menjadi refrensi kita semua...!!!

Artikel Terkait :





Senin, 19 Mei 2014

Resiko-resiko dalam investasi obligasi

Resiko-resiko dalam investasi obligasi

Obligasi adalah Surat berharga yang mewajibkan emiten untuk membayar sejumlah uang sebagai bunga sesuai interval waktu yang ditentukan serta membayar kembali pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam investasi pada obligasi :
  1. Jatuh tempo obligasi
  2. Jenis bunga
  3. Jenis obligasi
  4. Sifat-sifat khusus obligasi
  5. Credit rating
  6. Redemption dan Retirement
  7. Resiko investasi
Resiko-resiko dalam investasi obligasi :

  1. Resiko tingkat bunga pasar
  2. Resiko daya beli
  3. Resiko wanprestasi
  4. Resiko likuiditas
  5. Resiko jangka waktu jatuh tempo
  6. Resiko mata uang
  7. Resiko call
  8. Resiko politik
  9. Resiko sektor industri

SAHAM PREFEREN

jenis saham preferen

Saham preferen (bahasa Inggris: 'Preferred stock') adalah bagian saham yang memiliki tambahan hak melebihi saham biasa.
Karakteristik saham preferen :
  • Surat berharga ekuitas yang bersifat seperti utang (hybrid securities) dalam hal berpenghasilan tetap.
  • Dividen biasanya dalam % dari nilai nominal saham.
  • Bersifat lebih senior dibandingkan saham biasa, tetapi lebih yunior dibandingkan obligasi (didahulukan haknya dalam hal likuidasi).
  • Tidak mempunyai hak suara (voting right).
Jenis saham preferen :
  • Saham preferen kumulatif, dividen yang tidak dibayarkan tahun sebelumnya diakumulasikan pada tahun berikutnya (sebelum pembayaran dividen tahun berjalan).
  • Saham preferen non kumulatif, dividen yang tidak dibayarkan tahun sebelumnya tidak diakumulasikan. Kegagalan membayar dividen dapat mengakibatkan pengenaan pembatasan pada manajemen, contohnya jika pembayaran dividen ditunggak, pemegang saham preferen mungkin diberi hak suara (voting right).
  • Participating Preffered Stock, disamping memperoleh dividen tetap seperti yang telah ditentukan, juga memperoleh ekstra dividen apabila perusahaan dapat mencapai sasaran yang telah ditetapkan

SAHAM BIASA

saham biasa

Karakteristik saham biasa :
  • surat berharga ekuitas
  • memiliki hak atas pendapatan perusahaan pada saat dibagikan sebagai dividen
  • memiliki hak atas pembagian sisa ekuitas pada saat likuidasi (bersifat lebih yunior dibandingkan hutang dan saham preferen)
  • memiliki hak suara (voting right)
Jenis saham dilihat dari cara peralihannya, dibedakan:
  • Saham Atas Unjuk
    Saham yang tidak ditulis nama pemiliknya
  • Saham Atas Nama
    Saham yang ditulis dengan jelas siapa nama pemiliknya, dimana cara peralihannya harus dengan prosedur tertentu.
Efek bersifat saham yang terkait dengan cross border listing :
  • Foreign Depository Receipt, mis. American Depository Receipt (ADRs) yang diterbitkan oleh bank sebagai bukti kepemilikan saham perusahaan asing yang mendasarinya yang dimiliki Bank Amerika, biasanya merupakan sarana perdagangan saham perusahaan asing di Amerika yang berdenominasi US$ dan membayar dividen dalam US$.
  • Sertifikat Penitipan Efek Indonesia (Indonesian Depository Receipt)
    Adalah efek yang memberikan hak kepada pemegangnya atas efek utama yang dititipkan secara kolektif pada bank kustodian yang telah memperoleh persetujuan Bapepam.

Sabtu, 17 Mei 2014

Obligasi

Obligasi adalah Surat berharga yang mewajibkan emiten untuk membayar sejumlah uang sebagai bunga sesuai interval waktu yang ditentukan serta membayar kembali pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.
Karakteristik Obligasi :
  • Surat berharga hutang yang diterbitkan pemerintah/perusahaan
  • Berjangka waktu lebih dari satu tahun
  • Mempunyai beban bunga yang dibayar secara periodik
  • Adanya wali amanat yaitu pihak yang mewakili kepentingan pemegang efek bersifat hutang
  • Adanya pemeringkat efek
  • Dinyatakan dalam suatu perjanjian surat berharga yang disebut perjanjian perwaliamanatan (indentur)
Jenis-jenis obligasi
Obligasi dapat dipandang dari beberapa segi untuk mengklasifikasikan jenis-jenis obligasi, yang didasarkan pada:
  1. Issuer
  2. Sistem pembayaran bunga
  3. Tingkat bunga
  4. Jaminan
  5. Tempat penerbitan
  6. Rating
  7. Callable feature
  8. Sifat Convertible
  1. Jenis obligasi berdasarkan issuernya
    1. Obligasi pemerintah
    2. Obligasi perusahaan milik Negara
      Contoh penerbit obligasinya adalah : BTN, Bapindo, PLN, Jasa Marga, Pegadaian, Pelabuhan Indonesia dll.
    3. Obligasi perusahaan swasta
      Contoh penerbit obligasinya adalah : Astra Intl., BII, CMNP, Ciputra Development, Tjiwi Kimia dll.
  2. Jenis obligasi berdasarkan sistim pembayaran bunga
    1. Coupon Bond
      Obligasi yang bunganya dibayarkan secara periodic (triwulan, semesteran, tahunan).
    2. Zero Coupon Bond
      Obligasi yang tidak mempunyai kupon. Investor tidak menerima bunga secara periodik, tetapi bunga dibayarkan sekaligus pada saat pembelian.
  3. Jenis obligasi berdasarkan tingkat bunga
    1. Obligasi dengan bunga tetap (fixed rate bond)
      Bunga pada obligasi ini ditetapkan pada awal penjualan obligasi dan tidak berubah sampai jatuh tempo.
    2. Obligasi dengan bunga mengambang (floating rate bond)
      Biasanya obligasi dengan bunga mengambang ini ditentukan relatif terhadap suatu patokan suku bunga.
    3. Obligasi dengan bunga campuran (mixed rate bond)
      Obligasi jenis ini merupakan gabungan dari obligasi dengan bunga tetap dan dengan bunga mengambang.
  4. Jenis obligasi berdasarkan jaminannya
    1. Secured Bond (obligasi dengan jaminan)
      Biasanya berupa adanya guarantor atau jaminan berupa aktiva tetap.
    2. Unsecured Bond (obligasi tanpa jaminan)/ Debentures
  5. Jenis obligasi berdasarkan tempat penerbitannya/tempat perdagangan
    1. Domestic Bond (obligasi domestik)
    2. Foreign Bond (obligasi asing)
    3. Global Bond
  6. Jenis obligasi berdasarkan rating
    1. Investment Grade Bond
    2. Non Investment Grade Bond
      Obligasi ini sering disebut Junk Bond karena memberikan tingkat bunga yang lebih tinggi.
  7. Jenis obligasi berdasarkan Callable Feature
    1. Freely Callable Bond
      Obligasi yang dapat dibeli kembali oleh penerbitnya sebelum obligasi tersebut jatuh tempo.
    2. Non Callable Bond
      Penerbit obligasi ini tidak dapat membeli kembali obligasi yang diterbitkannya sebelum obligasi tersebut jatuh tempo.
    3. Deferred Callable Bond
      Obligasi ini merupakan kombinasi antara freely callable bond dengan noncallable bond.
  8. Jenis obligasi berdasarkan sifat convertible
    1. Convertible Bond/ Exchangable Bond (obligasi konversi)
      Obligasi jenis ini dapat ditukarkan dengan saham, baik saham penerbit obligasi sendiri (convertible bond) maupun saham perseroan lain yang dimiliki penerbit obligasi (exchangable bond).
    2. Non-Convertible Bond (obligasi non konversi)
      Obligasi ini merupakan obligasi yang tidak dapat dikonversi menjadi saham

Lembaga-lembaga yang berkaitan dengan pasar modal

  1. Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam)
    • Melakukan pembinaan, pengaturan dan pengawasan sehari-sehari kegiatan pasar modal.
    • Mewujudkan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur, wajar dan efisien serta melindungi kepentingan pemodal dan masyarakat.
Bapepam mempunyai fungsi :
    • Menyusun Peraturan di bidang pasar modal
    • Menegakkan peraturan di bidang pasar modal
    • Pembinaan dan pengawasan terhadap Pihak yang memperoleh izin usaha, persetujuan, pendaftaran dari Bapepam dan Pihak lain yang bergerak di pasar modal
    • Menetapkan prinsip keterbukaan
    • Penyelesaian keberatan yang diajukan oleh Pihak yang dikenakan sanksi oleh Bursa Efek, LKP dan LPP
    • Penetapan ketentuan akuntasi di bidang pasar modal
    • Pengamanan teknis pelaksanaan tugas pokok Bapepam sesuai dengan kebijaksanaan Menteri Keuangan
    B. Perusahaan
Lembaga ini bertujuan untuk memperoleh dana di Pasar Modal melalui penawaran umum (Initial Public Offering) hak kepemilikan atau Saham, dalam hal ini perusahaan berperan sebagai emiten.
  1. Self Regulatory Organizations (SRO)
Adalah organisasi yang berwenang membuat peraturan sendiri untuk kegiatan usahanya.
§  Bursa Efek
Adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem atau sarana untuk perdagangan efek. Pada saat ini, di Indonesia ada 1 bursa efek yaitu Bursa Efek Indonesia.
§  Lembaga Kliring dan Penjaminan (LKP)
Adalah lembaga yang menyelenggarakan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi Bursa. Lembaga yang memperoleh izin usaha sebagai LKP adalah PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI)
§  Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP)
Adalah lembaga yang menyelenggarakan kegiatan Kustodian sentral bagi Bank Kustodian, Perusahaan Efek dan Pihak lain. Lembaga yang memperoleh izin usaha sebagai LPP adalah PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).
  1. Perusahaan Efek
Adalah perusahaan yang mempunyai aktivitas sebagai berikut :
    • Penjamin Emisi Efek
Sebagai penjamin emisi efek, perusahaan melakukan kontrak dengan emiten untuk melakukan penawaran umum dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa efek yang tidak terjual.
    • Perantara Pedagang Efek
Perusahaan memperdagangkan efek untuk kepentingan sendiri maupun kepentingan nasabah.
    • Manajer Investasi
Pihak yang kegiatan usahanya mengelola portfolio efek untuk para nasabah atau mengelola portfolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Penasihat Investasi
Pihak yang memberikan jasa penasihat mengenai penjualan ataupun pembelian efek.
  1. Lembaga Penunjang Pasar Modal
    • Biro Administrasi Efek
    • Kustodian
    • Wali Amanat
  2. Profesi Penunjang Pasar Modal
Terdiri dari Akuntan, Konsultan Hukum, Penilai, Notaris dan profesi lain yang ditetapkan dengan peraturan pemerintah.
Untuk dapat melakukan kegiatan di pasar modal, wajib terlebih dahulu terdaftar di Bapepam. Persyaratan pendaftaran profesi penunjang pasar modal diatur dalam peraturan Bapepam.
    1. Akuntan Publik
      • Melakukan pemeriksaan atas Laporan KeuanganPerusahaan dan memberikan pendapatnya.
      • Memeriksa pembukuan apakah sudah sesuai dengan Prinsip Akuntansi Indonesia dan ketentuan Bapepam.
      • Memberi petunjuk pelaksanaan cara-cara pembukukan yang baik (apabila diperlukan)
    2. Konsultan Hukum
      • Melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dari segi hukum (Legal Audit)
      • Memberikan pendapat dari segi hukum (Legal Opinion) terhadap emiten dan perusahaan publik
    3. Legal Audit
      • Akte pendirian berikut perubahannya
      • Permodalan
      • Perizinan
      • Kepemilikan asset harus atas nama perusahaan
      • Perjanjian dengan pihak ketiga baik dalam negeri ataupun luar negeri
      • Perkara baik perdata mapun pidana yang menyangkut prusahaan mapupun pribadi direksi
      • UMR
      • Amdal
    4. Notaris
      • Membuat Berita Acara RUPS
      • Membuat Akte Perubahan Anggaran Dasar
      • Menyiapkan perjanjian-perjanjian dalam rangka Emisi Efek
    5. Penilai
Adalah pihak yang menerbitkan dan menandatangani Laporan Penilai, yaitu pendapat atas nilai wajar aktiva yang disusun berdasarkan pemeriksaan menurut keahlian dan penilai.

Artikel Terkait :

Mengenal Pasar Modal Dan Manfaat Pasar Modal

MENGENAL PASAR MODAL
Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi.
Instrumen keuangan yang diperdagangkan di pasar modal merupakan instrumen jangka panjang (jangka waktu lebih dari 1 tahun) seperti saham, obligasi, waran, right, reksa dana, dan berbagai instrumen derivatif seperti option, futures, dan lain-lain.
Manfaat Pasar Modal
a.       Kepemilikan masyarakat terhadap perusahaan
       Melalui pasar modal, perusahaan dapat menjual hak kepemilikannya kepada masyarakat luas, hal ini akan mendorong perkembangan perusahaan menjadi lebih transparan, dimana perusahaan harus bisa bertanggung jawab terhadap para pemegang saham (RUPS).

b.      Transparansi Manajemen Perusahaan
      Keikutsertaan masyarakt dalam kepemilikan perusahaan mendorong perusahaan untuk menerapkan manajemen secara profesional, efisien dan berorientasi pada keuntungan, sehingga tercipta suatu kondisi "Good Corporate Governance".

Artikel Terkait :

definisi atau pengertian multimedia menurut beberapa ahli

definisi atau pengrtian multimedia menurut beberapa ahli

Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya :
1. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
2. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
3. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
4. Multimedia sebagai perpaduan antara teks teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007: 2)
5. Multimedia merupakan kombinasi dari data text, audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008: slide ke-3)
6. Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008: slide ke-3)
7. Menurut IBM, multimedia adalah gabungan video, audio, grafik dan teks dalam suatu produksi bertingkat berbasis komputer yang dapat dialami secara interaktif atau menurut McCormick multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu suara, gambar dan teks atau menurut Robin dan Linda multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video.

Jumat, 16 Mei 2014

Unsur-Unsur Multimedia

Unsur-Unsur Multimedia

Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
Unsur-unsur multimedia terbagi menjadi :
1. Teks
 Hampir semua orang yang biasa menggunakan komputer sudah terbiasa dengan teks. Teks merupakan dasar dari pengolahan kata dan informasi berbasis multimedia. Dalam kenyataannya multimedia menyajikan informasi kepada audiens dengan cepat, karena tidak diperlukan membaca secara rinci dan teliti. Menurut Hofstetter (adalah kebanyakan system multimedia dirancang dengan menggunakan teks karena teks merupakan sarana yang efektif untuk mengemukakan ide-ide dan menyediakan instruksi-instruksi kepada user (pengguna).
2. Image
secara umum image atau grafik berarti still image seperti foto dan gambar. Manusia sangat berorientasi pada visual dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi.
3. Animasi
 animasi adalah pembentukan gerakan dari berbagai media atau objek yang divariasikan dengan gerakan transisi, efek-efek, juga suara yang selaras dengan gerakan animasi tersebut atau animasi merupakan penayangan frame-frame gambar secara cepat untuk menghasilkan kesan gerakan.
4. Audio
 penyajian audio atau suara merupakan cara lain untuk lebih memperjelas pengertian suatu informasi. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek (sound effect). Salah satu bentuk bunyi yang bisa digunakan dalam produksi multimedia adalah Waveform Audio yang merupakan format file audio yang berbentuk digital. Kualitas produknya bergantung pada sampling rate (banyaknya sampel per detik). Waveform (wav) merupakan standar untuk Windows PC.

Pengertian dan sejarah Gestalt

 Pengertian dan sejarah Gestalt

SIFAT DAN PERILAKU MANUSIA: 
• selalu “membaca”/”mencoba mengenali” apa yang dilihatnya --> persepsi
• dengan cara pattern seeking • pattern seeking ini biasanya melihat/mencari pola atau konteks yang terlihat pada gambar atau yang sudah diketahui oleh penglihat
• juga kecenderungan manusia untuk mengorganisasikan atau meng-kelompok-kelompok-kan (gestalt principles of grouping)
 PENGERTIAN GESTALT 
• psikologi persepsi visual manusia dalam membaca/mengenal sebuah gambar/ bentuk dari melihatnya/mengorganisasi-kannya secara holistik/menyeluruh. – holisitik: secara keseluruhan dari semua elemen-elemen pada gambar, bukan elemen demi elemen atau satu per satu.
 SEJARAH GESTALT 
• berawal dari karya tulis Max Wertheimer (1912) dari Jerman, juga psikolog Koffka (1935) dan Kohler (1940) • juga oleh J.B. Watson dari Amerika (1913)
• istilah “gestalt” dalam bahasa Jerman sebenarnya sulit diterjemahkan ke bahasa2 lain, tapi bisa diterjemahkan sebagai “shape”; “form”; “configuration”; “pattern” (dlm bahasa Inggris), atau “bentuk”; “hakekat”; “esensi”; “totalitas” (dlm bhs Indonesia)
• karena susah diterjemahkan secara pas, maka disepakati untuk tetap menggunakan istilah yang original – “Gestalt” A.
Prinsip dasar Pengelompokkan/Grouping Gestalt : 
• proximity (kedekatan)
• similarity (kemiripan)
• closure (ketertutupan)
• continuity (kesinambungan)
• symmetry (simetri)

Rabu, 14 Mei 2014

cara memperbaiki Lcd laptop berubah warna akibat terjatuh

Lcd laptop berubah warna akibat terjatuh

halo sob kali ini saya mau berbagi pengalaman temen saya lcd laptop berubah warna akibat terjatuh. waktu saya lagi bincang dengan temen saya tiba-tiba laptop temen saya terjatuh tanpa sengaja. setalah dihidupkan untuk di cek tiba-tiba layar lcd mendadak berubah menjadi pelangi atau warna menjadi tidak beraturan tapi dalam kasus temen saya laptop masih bisa digunakan hanya di lcd timbul garis pelangi tidak beraturan. setelah tanya pada servis laptop kata tukang servisnya itu lcdnya mas harus ganti. lcdnya bocor. kerena lagi bokek akhirnya di putuskan untuk pending dulu. sekitar 2 mingguan setelah terjatuh tiba-tiba layar lcd laptop kembali normal dengan sendirinya. jadi kalau sobat mengalami kasus seperti temen saya coba biarin dulu 3-4mingguan. setelah nunggu 2-4 minggu masih timbul wara pada lcd kemungkin terjadi kebocoran pada lcd dan sosulinya harus ganti Lcd laptopnya.. oky sekian dulu pengalaman dari temen saya semoga bermanfaat..

Senin, 12 Mei 2014

10 Tahun Perjalanan Facebook

perjalanan facebook

Tanggal 4 Februari 2014 lalu, Facebook tepat memasuki usianya yang ke-10. Bagaimana perjalanan Facebook selama 10 tahun terakhir ini? Berikut penjelasannya:

1. Facebok muncul pertamakali pada tanggal 4 Februari 2004.
 Situs jejaring sosial yang awalnya tak diprediksi akan menjadi sebesar seperti sekarang ini hanya dikendalikan dari sebuah kamar sempit milik Mark Zuckerberg di Harvard University. Saat itu, jejaring sosial ini belum dinamakan 'Facebook' seperti sekarang. Melainkan menggunakan nama 'The Facebook'. 10 tahun kemudian, situs jejaring sosial ini telah memiliki 1,23 miliar pengguna di seluruh dunia.
2. Tahun 2004 - 2005,
profil Facebook menjadi inti dari pengalaman menggunakan situs jejaring sosial, sementara news feed seperti yang ada sekarang ini, dulunya belum ada. Namun, di tahun 2004 ada iklan pertama yang ditayangkan di halaman Facebook. Iklan itu lebih mirip flyer yang ditawarkan untuk perusahaan-perusahaan kecil dengan harga iklan hanya sekitar USD $ 10 hingga USD $ 40. 3. Tahun 2005, Mark mulai mendesain ulang tampilan profil pengguna.
4. Tanggal 5 September 2006,
Facebook mulai meluncurkan News Feed dan Mini-Feed untuk para penggunanya. Langkah ini merupakan lompatan besar dan dinilai berani atau kontroversial bagi pengembangan situs yang berbasis jaringan sosial. Adapun Mini-Feed ini berguna untuk menampilkan pembaharuan-pembaharuan terkini yang dibuat oleh para penggunanya di satu jaringan yang sama. Di bulan April di tahun yang sama, Facebook meluncurkan aplikasi mobile pertamanya.
5. Masih di bulan yang sama,
Facebook kemudian menerima pengguna minimal berusia 13 tahun dengan alamat email yang valid.
 6. Di tahun 2007
 Facebook sekali lagi merombak tampilannya. Saat itu pembaharuan dilakukan pada bagian navigasi, semisal fitur utama di bagian atas, kemudian aplikasi di sebelah kiri, dan untuk kolom pengaturan ada di pojok kanan. Mereka juga mengubah desain baru untuk tampilan pesan masuk.
 7. Tahun 2007 ini,
 Facebook benar-benar mempermak News Feed sehingga bisa menjadi fitur utama di Facebook. Di bulan Juli Facebook telah memiliki 30 juta pengguna aktif.
 8. Tahun 2008,
Facebook benar-benar berjaya dengan berhasil mencapai 100 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Facebook juga meluncurkan fitur chatting, pesan dinding dan meluncurkan aplikasi Facebook for iPhone.
 9. Juli 2008,
Facebook mengundang para penggunanya untuk mencoba menggunakan 'new facebook'. 10. Di tahun 2008 ini pula, Facebook memperbolehkan penggunanya untuk merancang sendiri feeds mereka.
11. Tanggal 16 Maret 2009
Facebook membuat keputusan kontroversial dengan memperbolehkan siapapun menulis atau mengirimkan pesan dinding kepada pengguna lainnya meskipun ia berada di luar jejaring pertemanan. Facebook juga menambahkan pengaturan berbagi untuk semua orang (everyone). Namun di tahun ini, facebook berkembang dengan sangat menggemberikan dengan berhasil memiliki 900 juta pengguna.
12. Mei 2009,
facebook mencoba desain baru yang terlihat mirip seperti Twitter. Yakni mengubah news feed yang kini bisa berjalan secara otomatis.
13. 2010,
Facebook kembali mendesain ulang tampilan. Desain ini meliputi pula pengaturan ulang tombol-tombol navigasi.
14. Masih di tahun 2010,
Facebook menawarkan dua pilihan kepada pengguna untuk pengaturan news feed, yakni pilihan Top News dan Most recent.
15. Tahun 2011 
menjadi debut perdana digunakannya Facebook Timeline.
16. September 2011, 
Facebook juga memperkenalkan news ticker sebagai pembaharuan dari Timeline dan News Feed. Ticker ini berada di kolom sebelah kanan yang memuat pembaharuan aktivitas dari teman-teman anda.
17. Di tahun 2012,
Facebook membuat sejumlah pengembangan semisal dalam hal desain dan layout. 18. Tahun 2013, Facebook kembali mendesain ulang tampilan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari fitur Ticker mereka.
19. Maret 2013,
Facebook mengubah tampilan timeline menjadi format dua kolom dan menambahkan kolom aplikasi yang bisa digunakan untuk mencoba fitur musik, buku maupun hiburan lainnya.
20. Maret 2013,
Facebook memiliki jumlah pengguna yang makin banyak. Di bulan ini, Facebook juga mendesain news feed dengan tampilan yang lebih kontras.
21. Facebook semakin memperbaiki layanan facebook mobile mereka semisal untuk iPhone maupun Android. Mereka menutup tahun 2013 dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 945 juta pengakses Facebook dari perangkat mobile.

Minggu, 11 Mei 2014

Sejarah Iklan di Indonesia


sejarah iklan di indonesia

Iklan pertama-tama ada di Indonesia merupakan warisan dari pemerintah Belanda. Sejarah periklanan di Indonesia sama tuanya dengan sejarah press. Mengenai istilah iklan sendiri idenya muncul dari Soedardjo Cokrosisworo (1951), Istilah iklan yang kita pakai saaat ini adalah diambil dari istilah belanda yaitu advertentie, bahasa inggrisnya advertising. Iklan mulai diperkenalkan di Indonesia oleh Jan Pieterzoen Coen pendiri Batavia dan Gubernur jenderal Belanda tahun 1619-1629. J P Coen menulis surat dengan judul Memorie de Nouvelles, yang merupakan refleksi naluri bersaing rempahrempah antara Belanda dengan Portugis di Ambon.
Apa yang ditulis oleh JP Coen dimuat surat kabar pertama di Hindia Belanda tahun 1744 yaitu Batavia Nouvelles. Koran pada saat itu semua ditulis dengan tangan. Di masa penjajahan semua advertensi atau pengumuman pemerintah dijalankan oleh dua biro advertensi yaitu Biro “ de Lamar” khusus menangani penyiaran bagi surat kabar belanda, dan “Balai Pustaka” mengurus pemberitaan khusus mengenai bangsa Indonesia. Pada tahun 1855, Surat kabar kedua terbit di Surakarta, berbahasa jawa dengan nama “BROMARTANI”. Di terbitkan oleh Harteveld. Dalam sebuah kolomnya surat kabar ini menulis. “ HARGA IKLAN SEBARIS ENAM POELOEH DOEIT ( ATAU LIMA POELOEH SEN; TIGA DOEIT = sebengol /segobang).
Surat kabar lainnya adalah “Soerat Kabar Melayu” diterbitkan di kota Surabaya dan penerbitnya E. Fuhri. Surat khabar yang lain adalah “Soerat Chabar Betawie” diterbitkan oleh Lange & Co. di kota Betawi. Dalam surat kabar tersebut tertulis :
“ Segala pemberitaan jang dimasok-ie di ieni soerat kabar harganya 60 doewit tiap-tiap 5 perkataan, dengan oelangan tiap-tiap 5 perkataan 30 doewit, lain lagie dari oewang tjap kompenie.”
Di Indonesia penyiaran iklan-iklan komersial melalui radio baru dimulai pada tahun 1968 yang disiarkan lewat Radio Republik Indonesia.Sampai awal tahun 1970-an, pesan-pesan iklan cenderung panjang-panjang dan mendominasi teks iklan secara keseluruhan. Hal ini disebabkan banyak produk yang masih belum dikenal. Barulah diakhir tahun 1970-an presentasi iklan Indonesia mulai berkembang seiring dengan perkembangan media dan teknologi. Naskah atau copy iklan dan juga visualisasi mulai dipikirkan dengan baik. Pada periode ini mulai muncul dan berkembang simbolisasi dan personifikasi mendominasi presentasi Iklan di Indonesia.
Pada tahun 1980-an, iklan Indonesia tidak lagi hanya menerapkan pendekatan demografis dalam mendekati audiens. Pendekatan Psikografis juga mulai diterapkan dimana citra-citra yang dihubungkan dengan gaya hidup atau life style mulai mendominasi presentasi iklan termasuk gaya bahasa yang digunakannya. Di tahun 1990-an, simbolisasi dan pencitraan semakin mendominasi teks iklan, didukung oleh perkembangan media maupun teknologi dalam menciptakan kreatif iklan. Bahasa gambar atau visiualisasi dalam era ini mendominasi teks iklan.
Perkembangan iklan di Indonesia banyak didukung kemudian oleh berdirinya stasiun televisi swasta dan juga dengan SK MENPEN No. 111/90 yang mengharuskan iklan-iklan yang ditayangkan di televisi adalah iklan yang diproduksi di dalam negeri dan oleh orang Indonesia dunia periklanan di Indonesia semakin ramai dengan upaya untuk menampilkan gaya periklanan yang khas Indonesia. Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 2007 tentang Penggunaan Sumber Daya Dalam Negeri untuk Produk Iklan yang Disiarkan Melalui Lembaga Penyiaran Perkembangan Industri periklanan dari tahun ketahun mengalami fluktuasi seiring dengan dinamika pertumbuhan ekonomi di Indonesia namun dari data yang ada menunjukkan perkembangan kearah yang positif.
Pengembangan iklan dengan gaya khas indonesia pun terus dilakukan seiring dengan berkembangnya Industri periklanan. Gaya khas iklan Indonesia ini dibagun melalui tiga hal yaitu fisik, karakter dan gaya atau style. Pengambaran fisik yang khas indonesia dilakukan dengan mengacu pada fisik produk maupun segmentasi geografis dan demografis khalayak sasaran produk, misal fisik orang indonesia, atau wilayah. Karakter bisa ditinjau dari segmentasi psikografis mis. Wanita eksekutif Indonesia sedangkan gaya atau style bisa dilihat dari gaya busana, logat bahasa yang digunakan. Namun gaya periklanan tersebut tetap tidak bisa terlepas dari perkembangan periklanan global.
Hal ini dapat dilihat dari banyaknya biro-biro iklan dunia yang ikut bermain di Indonesia dengan menggarap produk-produk multinasional. Kehadiran biro iklan dunia ini bisa memberikan dampak positif jika bisa bekerjasama dengan biro iklan lokal dalam membuat suatu kreatif iklan. Kehadiran biro iklan dunia ini bisa memberikan dampak positif jika bisa bekerjasama dengan biro iklan lokal dalam membuat suatu kreatif iklan. Kehadiran biro iklan dunia juga bisa memberikan kontribusi positif dalanm hal pengembangan komunikasi periklanan yang baik dan juga strategi kampanye global atau internasional.

Lembaga-lembaga yang terkait dalam profesi periklanan di Indonesia antara lain adalah : ATVSI PPPI
ATVSI = Asosiasi Televisi Swasta Indonesia
PPPI = Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia
ASPINDO = Assosisi Pemrakarsa dan Penyantun Iklan Indonesia
BPMN/SPS = Serikat Penerbit Surat Kabar
PRSSNI = Persatuan Radio Siaran Swasta Niaga Indonesia
GPBSI = Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia
Y.TVRI = Yayasan Televisi Republik Indonesia
APFII = Assosiasi Pekerja Film Iklan Indonesia.